Minggu, 09 Desember 2012

Melampirkan dokumen di dalam email (attach document)

Terkadang dalam berkirim surat elektronik (email) kita diharuskan melampirkan dokumen. Dokumen dapat berupa file office seperti file dari MS.Word, atau MS.Excel dll.. dokumen dapat juga berupa gambar atau image, atau image hasil scan.
Cara melampirkan file atau attachment ke dalam email sangatlah mudah.
Simple tutorial ini akan dilakukan dari email yahoo. Caranya :
1. Login dulu ke email masing-masing. Kalau dari yahoo, buka http://mail.yahoo.com
2. di halaman inbox, klik compose mail atau buat email baru

3. perhatikan gambar seperti clip, itu adalah icon dari attachment. untuk attach atau lampirkan dokumen, klik "attach files"
4. akan terbuka kotak dialog, sebut namanya file chooser.
di dalam file chooser, 
a. pilih lokasi dokumen yang mau di attach berada
b. pilih/klik dokumennya
c. untuk memastikan benar, periksa nama dokumen tersebut
d. lalu klik open

5. maka dokumen akan diproses uploadnya, lalu cirinya sudah ter-upload/ter-attach di dalam email, akan berwarna  biru seperti pada gambar


6. untuk menambah dokumen lagi, lakukan langkah 3 sampai 5 kembali
mudah kan?
ingat, masing2 email memiliki kapasitas maksimal untuk me-attach dokumen. sebaiknya ukuran dokumen yang di attach jangan terlalu besar

Membuat e-mail gratisan



Banyak cara memiliki email, terutama gratisan. Kalau ada yang gratis, buat apa berbayar ;p

salah satunya adalah membuat email di yahoo.
caranya :

  • buka halaman web http://mail.yahoo.com
  • klik "create new account" 
 
  • Isikan biodata masing2

  • lanjutkan mengisi data, lalu klik "create my account"

Lalu ikuti prosesnya sampai selesai :)